BERANTAS PUNGLI, TIM UPP SABER PUNGLI KABUPATEN MADIUN SIDAK TEMPAT PELAYANAN PUBLIK

 

Tim Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Madiun melakukan inspeksi mendadak untuk memastikan pelayanan masyarakat optimal dan bebas pungutan liar setiap instansi pelayan publik. Kamis (10/3)

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Inspektur Kabupaten Madiun Drs. Agus Budi Wahyono, M.Si dengan didampingi oleh Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Penyidikan Kejari Kabupaten Madiun Wasis Sugianto, dan Kepala Seksi Pengawasan Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polres Madiun Iptu Agus Budi Waluyo.

Inspektur Kabupaten Madiun Drs. Agus Budi Wahyono, M.Si mengatakan jika kegiatan tersebut rutin dilakukan sebulan sekali dengan menyasar tempat pelayanan publik. Dirinya mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk kepercayaan dari pemerintah agar para pelayan publik tidak melakukan pungutan liar.

” Kegiatan ini dilaksanakan agar mengelimir adanya tindak pidana korupsi yang tidak sesuai dengan peraturan seperti pembayaran untuk pelayanan,” tegas Inspektur Kabupaten Madiun tersebut

Terdapat tiga lokasi yang dilakukan sidak yakni Puskesmas Geger, RSUD Dolopo, dan Kecamatan Dolopo. Dari ketiga tempat tersebut tidak ditemukan indikasi pungli. Semua pelayanan publik baik sesuai dengan ketentuan, baik untuk pelayanan kesehatan dan pelayanan administrasi kependudukan.

Dirinya mengatakan hasil sidak tersebut nantinya akan dilakukan evaluasi bersama untuk terus memastikan pelayanan yang baik bagi masyarakat Kabupaten Madiun.

” Pelayanan bagi masyarakat gratis dan bebas pungutan liar,” tambah Agus

Kepala Seksi Pengawasan Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polres Madiun Iptu Agus Budi Waluyo menambahkan jika dari sidak yang dilakukan secara umum membuahkan hasil yang baik. Dari beberapa warga yang ditanyai olehnya menyebutkan kepuasaan terhadap pelayanan yang diberikan.

Sementara itu, Kasubsi Penyidikan Kejari Kabupaten Madiun Wasis Sugianto menambahkan agar penataan sarana prasarana perlu dikontrol oleh pelayan publik. Hal tersebut untuk memudahkan masyarakat dan menjaga kegunaan alat tetap prima.

” Secara umum sudah memberikan pelayanan yang baik, ini membuktikan sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Kedepan agar penataan sarana prasana untuk lebih dikontrol,” jelasnya

Tutik Nurhidayati dan Ashari saat ditemui dilokasi sidak mengaku puas dengan pelayanan kesehatan. Demikian halnya dengan Krisdiyanto yang mengurus KTP di Kec. Dolopo, dirinya merasa senang dengan keramahan petugas pelayanan di Kec. Dolopo.